Sabtu, 03 Desember 2011

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JENIS-JENIS MEDIA PEMBELAJARAN

1.      MEDIA AUDIO
Media berbentuk sarana penyampai, pembawa dan pengantar pesan yang ditangkap melalui indra pendengar.

Kelebihan
1.      Dalam hal penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga.
2.      Media ini dapat dinikmati sambil melakukan aktifitas yang lainnya. Jadi pendengar tidak harus memantau di depan radio, tetapi bisa menemani aktifitas ini di mana pun.
3.      Biaya produksi ataupun biaya yang diperlukan  untuk mendengarkan relatif murah.Bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai(radio).
4.      Pendengar yang kesulitan membaca/melihat bisa memahami pembelajaran dengan mudah dengan disampaikan oleh media audio.
5.      Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.
6.      Media audio dapat mencangkup audiens yang banyak dan ruangan yang luas.
7.      Dapat memusatkan perhatian siswa seperti membaca puisi, sastra, mendengarkan musik dan bahasa.
8.       Dapat digunakan bersama – sama dengan alat perekam radio, sehingga dapat diulang atau diputar kembali.


Kekurangan
1.      Informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang, jadi pendengar tidak bisa mengerti secara detail tentang berita yang disampaikan, karena memang bahasanya sederhana dan tidak didukung oleh visualisasi. Pendengar hanya bisa membayangkan saja.
2.      Jika audiens mengalami kesulitan mendengar (kerusakan pada alat pendengaran). Akan sangat sulit menerima pembelajaran.
3.      Jika siswa/audiens memiliki gaya belajar visual dan kinestetik akan sulit menerima pembelajaran dengan menggunakan media audio.
  1. Media  ini hanya  akan  mampu  melayani  secara  baik bagi mereka yang sudah mempunyai kemampuan dalam berfikir abstrak.(kelas tinggi anak SD).

2.      MEDIA VISUAL
Media berbentuk gambar, model, benda/alat yang dapat memberikan pengalaman visual yang nyata.

Kelebihan

1.      Lebih menarik karena ada gambar, sehingga memberikan pengalaman nyata untuk siswa.
2.      Lebih mudah mengingat dengan visual peta konsep, maid mapping dan singkatan.
3.      Media visual dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan siswa.
4.      Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.

Kekurangan

1.      Akan terjadi kesulitan jika siswa mengalami masalah pada indra penglihatannya.
2.      Siswa tidak akan memahami gambar jika gambar tidak jelas atau tidak sama dengan bentuk nyatanya.
3.      Tidak dapat melayani siswa dengan gaya belajar auditif dan kinestetik.
4.      Membutuhkan waktu yang lama untuk membuat gambar dan ketrampilan khusus menyajikan gambar sesuai wujud aslinya.

3.      MEDIA AUDIO VISUAL
Media yang memiliki unsur suara dan unsur gambar.

Kelebihan
1.      Lebih efektif dalam menerima pembelajaran karena dapat melayani gaya bahasa siswa auditif maupun visual
2.      Dapat memberikan pengalaman nyata lebih dari yang disampaikan media audio maupun visual.
3.      Siswa akan lebih cepat mengerti karena mendengarkan disertai melihat langsung, sehingga tidak hanya membayangkan.
4.      Lebih menarik dan menyenangkan menggunakan media audio visual.

Kekurangan
1.      Pembuatan media audio visual memerlukan waktu yang lama, karena memadukan 2 elemen yakni audio dan visual.
2.      Membutuhkan ketrampilan dan ketelitian dalam pembuatannya
3.      Biaya yang digunakan dalam pembuatan media audio visual cukup mahal.
4.      Jika tidak terdapat piranti pembuatannya akan sulit untuk membuatnya(terbentur alat pembuatannya).


4.      MEDIA 3D
Media tiruan tiga dimensi dari beberapa obyek nyata.

Kelebihan
1.      Siswa seakan – akan melihat benda yang nyata dengan media 3D.
2.      Menimbulkan ketertarikan siswa untuk berfikir dan menyelidikinya.
3.      Pembelajaran akan berjalan dengan lebih sempurna karena murid dapat belajar langsung dengan menggunakan bahan-bahan replika atau mirip dengan aslinya.
4.      Murid dapat memahami tentang sifat, bentuk serta pergerakan sesuatu benda itu dengan lebih baik
5.      Memberi pengalaman tentang keadaan sebenarnya sesuai bahan atau benda itu.
6.      Menggalakkan murid membuat kajian lebih lanjut mengenai pembelajaran melalui media 3D
7.      Memberi lebih banyak peluang kepada murid berinteraksi diantara satu sama lain.

Kekurangan
1.      Biaya pembuatannya mahal dan membutuhkan banyak waktu.
2.      Membutuhkan ketrampilan dalam pembuatannya.
3.      Siswa tidak akan memahami jika bentuk media 3D tidak sama dengan benda nyatanya.
4.      Terbentur alat untuk membuat media 3D(sulit mencari atau pembuatannya).


5.      MEDIA BERBASIS MANUSIA( Human Media)
Media berupa orang, materi, atau peristiwa yang memberi kesempatan kepada siswa untuk memperoleh pengetahuan.

Kelebihan
1.      Ekonomis, karena tidak mengeluarkan banyak biaya.
2.      Bisa dilakukan dimanapun, kapanpun jika ada kesempatan.
3.      Tidak membutuhkan alat-alat tertentu dalam penyampaiannya.(cukup alat bicara/loudspeaker untuk membantu)
4.      Dapat memberikan motivasi kepada siswa. Karena di samping guru dapat memberikan pembelajaran juga bisa menyisipkan motivasi-motivasi sehingga anak-anak dapat dengan baik menyerap pembelajaran sehingga termotivasi menjadi siswa yang baik.
5.      Dapat terjadi interaksi dan komunikasi yang timbal balik. Tanya jawab, tanggapan maupun sanggahan. Siswa aktif setelah diberi informasi.

Kekurangan
1.      Informasi dan pengetahuan hanya terbatas pada kemampuan menyampai pesan(guru).
2.      Terkadang membuat siswa jenuh dan bosan.
3.      Tidak efektif untuk jumlah audiens yang banyak
4.      Pembelajaran tidak dapat ditangkap oleh siswa dengan baik jika terdapat masalah pada alat penyampainya. Misalnya suara tidak jelas atau bahasa tidak dimengerti oleh siswa.



6.      MEDIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMATIKA(Multimedia)

Kelebihan
1.      Menarik karena dapat menampilkan gambar-gambar maupun suara.
2.      Mudah diatur dalam menyampaian informasi, jadi informasi yang disampaiakan dapat di sesuaikan dengan anak SD yang lebih menyukai gambar-gambar lucu dan menarik.
3.      Dapat menampilkan tampilan yang luar biasa(audio maupun visual) yang jelas sehingga  seperti melihat nyata.
4.      Memberikan pengalaman nyata untuk siswa dengan jelas, hal-hal yang belum pernah diketahui bisa dengan mudah diketahui.
5.      Mudah mengaksesnya untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
6.      Media yang lengkap menyediakan banyak informasi.

Kekurangan
1.      Biaya untuk membuat maupun mengakses media berbasis informatika mahal.
2.      Belum tentu semua siswa dapat mengaksesnya maupun menikmatinya.
3.      Pembuatannya susah dan memakan banyak waktu dalam proses pembuatannya.
4.      Harus didukung oleh daya penyalur, listrik maupun jaringan internet.
5.      Belum bisa diakses dengan mudah dan murah di tempat-tempat tertentu.

Kesimpulan :

Pada dasarnya semua media baik diterapkan dalam pembelajaran, namun juga harus melihat kondisi sekolah dan anak didik sendiri sebagai subjek utama yang harus diperhatikan. Agar hasil pembelajaran memuaskan ada baiknya menggunakan media yang dapat mengembangkan dan menyeimbangkan kognitif, afektif dan psikomotor siswa.

4 komentar: